Inilah Sholawat Bahriyah Kubro Beserta Kaifiyah Dan Fadhilah lengkap

Daftar Isi

Sholawat Bahriyah Kubro, Kaifiyah dan Fadillah

Sebagaimana kita semua tahu bahwa dalam Al Qur'an perintah tentang membaca sholawat Nabi kepada kita sangat jelas sebagaimana Allah SWT berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Latin:
(Innalloha wa malaaa`ikatahuu yusholluuna 'alan-nabiyy, yaaa ayyuhallaziina aamanuu sholluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa)

Yang artinya : "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

Selain itu juga sabda Nabi Muhammad Saw dalam hadis tentang membaca sholawat "Barang siapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan Sholawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya." (HR.



Begitu banyaknya sholawat baik teks sholawat yang dari Rosululloh maupun yang dari para ulama,semua baik untuk diamalkan dan tentunya dengan Fadilahnya sendiri.

Diantara sholawat yang sangat penting untuk kita amalkan adalah Sholawat Bahriyah Kubro. Sholawat ini bisa kita temukan dan dibaca di dalam doa Manaqib Jawahirul Ma’ani karangan KH. Ahmad Jauhari Pasuruan.

sholawat bahriyah kubro ini merupakan , ijazah, kwagean.

Penulis mengartikan, bahwa nama Sholawat Bahriyah Kubro memiliki arti sholawat yang mempunyai fadilah yang sangat luas dan agung seperti lautan.

Ada cerita bahwa dalam acara Halal Bi Halal Ikatan Santri dan Alumni Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Pare Kediri yang diselenggarakan di Kudus Selasa, 8/7/2017 KH. Abdul Hannan Ma’shum belia merupakan Pengasuh Pesantren pada saat itu menyampaikan, bahwa beliau telah mengamalkan Sholawat ini sudah lebih dari 40 tahun hingga sekarang.

Selain itu beliau juga menyampaikan, bahwa sebelum mengamalkan Sholawat Bahriyah Kubro ini Mbah Yai Hannan telah melaksanakan Istikhoroh terlebih dahulu. Setelah beberapa hari  istikhoroh, akhirnya Romo Kyai Hannan bermimpi seolah-okah beliau dikelilingi banyak sekali lebah/tawon selama tiga kali.

Selanjutnya Romo Kyai Hannan sowan kepada guru beliau menyampaikan mimpinya. Sang guru menjawab bahwa, mimpi pertama menandakan Engkau akan mempunyai santri banyak, mimpi kedua Engkau akan mempunyai kekayaan melimpah dan mimpi ketiga Engkau akan mempunyai derajat tinggi.

Mendengan jawaban Sang Guru Kyai Hannan sontak seolah tidak percaya, melihat keadaan Romo Kyai Hannan pada waktu itu hanya seorang santri dan tidak memiliki apa-apa.

Namun akhirnya, dengan Istiqomah Kyai Hannan mengamalkan Sholawat Bahriyah Kubro setiap usia sholat lima waktu, tanpa mengharap terkabulnya cita-cita, istilah jawanya:

“mandi ora mandi yo ben, pokok panggah wiritan”.

Manjur tidak manjur yang penting terus wirid (berdoa).

Dengan berjalannya waktu terbukti apa hasil dari istiqomah dan keyakinan yang tinggi atas fadhilah Sholawat Bahriyah Kubro. Romo Kyai Hannan membuktikan sendiri apa yang dikatakan Sang Guru tentang tafsir mimpi di atas tadi, kini ribuan santri datang untuk ngaji kepada KH. Abdul Hannan Ma’shum dan semua kebutuhannya dicukupi oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah bacaan Sholawat Bahriyah Kubro:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً يَّطْمَئِنُّ بِهَا قَلْبِيْ وَتَنْفَعُ بِهَا عُلُوْمِيْ وَتَقْضِيْ بِهَا حَوَآئِجِيْ وَتَرْفَعُ بِهَا دَرَجَاتِيْ وَتَهْدِيْ بِهَا قَوْمِيْ وَتُخْلِصُ بِهَا قَلْبِيْ وَتُلْهِمُنِيْ بِهَا عُلُوْمَ اللَّدُنِّيِّ وَتُكْرِمُنِيْ بِهَا بِالسَّعَادَةِ وَالْكَرَامَةِ مَعَ ذُرِّيَّاتِيْ وَتُكْثِرُ بِهَا أَمْوَالِيْ وَأَصْحَابِيْ وَتَلاَمِيْذِيْ وَأَتْبَاعِيْ وَأَضْيَافِيْ، وَتَرْزُقُنِيَ اللَّهُمّ تََمَامَ نِعْمَتِكَ وَتَمَامَ رَحْمَتِكَ وَتَمَامَ رِضْوَانِكَ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ مَا خَلَقْتَ وَرَزَقْتَ وَأَمَتَّ وَأَحْيَيْتَ إلَى يَوْمٍ تُحْشَرُ فِيْهِ الْخَلاَئِقُ أَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِ الْعَالَميْنَ

Kaifiyah mengamalkan Sholawat Bahriyah Kubro 

– Paling mudah, dibaca minimal 7 kali dalam sehari semalam.

– Lebih bagus, dibaca 100 kali dalam sehari semalam.

Lebih baik bagi yang mau mengamalkan untuk dapat berijazah kepada seorang guru.

Sebelum mengamalkan Sholawat Bahriyah Kubro perlu tawasul dibawah ini


الى حضرة النبى المصطفى سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم وعلى اله واصحابه وازواجه وذرياته واهل بيته الكرام شئ لله لهم الفاتحة
والى ارواح اصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم سيدنا ابى بكر وعمر وعثمان وعلي رضي الله عنهم الفاتحة
والى حضرة ملآئكة جبريل ومكا ئيل واسرافيل وعزرئيل عليهم الصلاة والسلام الفاتحة
والى حضرة نبي الله حضر ابى العباس بليا ابن ملكن الفاتحة
وحصوصا الى حضرة الشيخ قطب الأ قطاب غوث الأعظام غوث الله الصمدانى سيد الشيخ عبد القادر الجيلانى قدس الله سره العزيز الفاتحة
وحصوصا الى حضرة الشيخ الامام غزالى والشيخ ابى حسن الشاذلى والشيخ احمد ديربى الكبير والشيخ احمد على بونى والشيخ مرزوقى رضي الله عنهم الفاتحة
وحصوصا الى حضرة لصاحب الاجازة صلوات بحرية كبرى للشيخ احمد جوهر عمر بن الشيخ محمد اسحاق عمر ولمن اجازنى هذا شيخى زين الصفيان رضي الله عنهم نفعنا الله بعلومهم وبركاتهم وكرامتهم ومعونتهم واجازتهم الفاتحة
وحصوصا الى حضرة لوالدي الفاتحة
اللهم صل على سيدنا محمد صلاة تطمئن بها قلبى وتنفع بها علومى وتقضى بها حوائجى وترفع بها درجتى وتهدى بها قومى وتخلص بها قلبى وتلهمنى بها علوم اللدنى وتكرمنى بها باسعادة والكرامة مع ذريتى وتكثر بها اموالى واصحابى واتباعى وتلامى واضيافى وترزقنى
اللهم تمام نعمتك وتمام رحمتك وتمام رضوانك صل وسلم وبارك عليه وعلى اله وصحبه اجمعين عدد ما خلقت ورزقت وأمت واحييت الى يوم تخشر فيه الخلائق اجمعين والحمد لله رب العالمين. مغرب-صبح 111/11

فمن فرأها(صلوات بحرية كبرى) كل يوم سبع مرات نجاه الله من كل هم وغم وضيق وكرب وفتنة ورزقه من حيث لايحتسب واطلعه على كثير من العلوم اللدنية ويعيش على امان وسعة ورحمة ونعمة ورضوان

Fadhilah Sholawat Bahriyah Kubro:

Meminta diberikan ketenangan hati.

Meminta tentramnya rumah tangga.

Meminta ilmu yang bermanfaat.

Meminta terkabulnya hajat/ keinginan.

Meminta tingginy derajat.

Meminta kaumnya diberi hidayah/petunjuk.

Meminta dijadikan hati yang ihlas.

Meminta bahagia dan mulia pembaca dan keturunanya di dunia dan akhirat.

Meminta harta kekayaan.

Dan masih banyak lagi fadilah Sholawat Bahriyah Kubro 

Memiliki banyak santri/murid.

Memiliki banyak pengikut dan tamu.

Diberikan kenikmatan yang sempurna dan rahmat yang agung, mendapatkan ridlo dari Allah SWT dan diberikan khusnul khotimah.

Keterangan : bagi amala sholawat banyak ulama yang menerangkan tidak perlu ijazah namun untuk menambah barokah sangat perlu ijazah kepada seorang Guru.

Demikian ulasan lengkap Sholawat Bahriyah Kubro beserta kaifiyah dan fadhilahnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin 

Referensi: Kitab Sullamul Futuhat Juz 2 – KH. Abdul Hannan Ma’shum