Ribuan Jamaah Hadiri Pengajian Ahad Kliwon MWCNU Kaligondang

Daftar Isi

PURBALINGGA(kangprayit.net) Ribuan Jamaah Hadiri Pengajian Ahad Kliwon MWCNU Kaligondang pada Ahad, (11-08-24) 

Kegiatan rutin pagi di Masjid Nur Alam Abbsah Desa Tejasari dan dihadiri Pengurus MWCNU Kaligondang dan BANOM serta seluruh pengurus Ranting Se-Kecamatan dan banomnya juga Camat Kaligondang.

Tahlil menjadi praacara dan pembukaan serta menyanyikan lagu Indonesia raya serta Syubanul Wathon dilanjutkan sambutan tunggal.

Camat Kaligondang, Sugeng Riyadi,S.H., saat memberikan sambutan pada pengajian rutin Ahad Kliwon MWCNU KALIGONDANG 11-08-24
foto: kangprayit.net

Camat Kaligondang, Sugeng Riyadi S.H. menyampaikan "Saya saat menjadi camat di Bojongsari sering sekali mengikuti rutinan jika disana Ahad manis, dan ini merupakan perdana saya mengikuti pengajian mwcnu".

Dalam penyampaian materi, Rois Syuriah MWCNU KALIGONDANG Kyai Umar Abdul Fatah, menyampaikan mengenai ilmu faroid atau waris disebabkan pertanyaan bulan sebelumnya.

"Harta waris sebelum dibagi perlu diketahui harus di keluarkan dulu pertama untuk ngrumat mayit, biaya memandikan mayit, memakamkan, menyolati," tutur beliau.

"Kedua Wafaudduyun (untuk membayar hutang), baik hutang sesama manusia atau hutang kepada allloh" tambahnya

Contohnya saat petani sudah panen mencapai nisob dan mati maka zakatnya diambil dulu, atau ada madzar ,untuk di laksanakan dahulu.

Nafsul mu'minin mu'alaqotun bidainihi, Pribadi seorang mukmin digantungkan dengan hutangnya.

Ketiga melaksanakan wasiat, Contoh saat sebelum  mati berwasiat tanah untuk masjid nur alam abbsah ,atau untuk mwcnu .

Warisan adalah harta yang ditinggal seorang mati walaupun berupa celana kolor. Warisan ketika di bagi dan rukun insaalloh berkah sampai anak putu.

Yg berhak menerima waris ada 15 Anak lanang, Putu, Mbah Lanang, saudara sebapak dan seibu, saudara dari bapak, saudara lali laki dari ibu, dan lainnya.

Penerima warisan disebabkan Salah satunya kerabat dan pernikahan.

Acara berikutnya menjawab pertanyaan ,pelantikan IPNU IPPNU Ranting Tejasari, Informasi dan doa penutup.